Jumat, Maret 20, 2009

ATMI Surakarta

Pesatnya kemajuan industri serta meluasnya perkembangan infra-struktur informasi global telah mengubah pola dan cara kegiatan bisnis, industri, perdagangan, dan pemerintah. Perkembangan ekonomi berbasis ilmu pengetahuan dan informasi telah menjadi paradigma global yang dominan. Kemampuan untuk terlibat secara efektif dalam program inovatif akan menentukan masa depan kesejahteraan bangsa. Menghadapi tantangan globalisasi dan perkembangan teknologi yang dibutuhkan oleh Indonesia saat ini, ATMI mengembangkan teknologi terintegrasi yang dibutuhkan dalam pertumbuhan industri di Indonesia. Pengembangan yang direncanakan pada teknologi terintegrasi meliputi Medical Technology, CNC Technology dan Renewable Energy. Setelah teknologi tersebut berhasil dikembangkan ATMI, kemudian akan disebar-luaskan ke industri di seluruh Indonesia melalui pelatihan yang disediakan. Teknologi ini diaplikasikan secara langsung pada program studi baru, yaitu: Teknik Mekatronika. Perumusan program tercermin pada kurikulum untuk program studi Teknik Mekatronika.

Program Studi Teknik Mekatronika dijalankan berdasarkan Ijin Penyelenggaraan SK Dirjen Dikti No. 1781/D/T/2005. Program studi ini menyiapkan lulusan yang benar-benar kompeten dalam bidangnya. Dengan berbekal keterampilan dan pengetahuan dalam teknologi mekatronika, diharapkan para lulusan mampu :

* merancang, merencanakan dan membuat perangkat kendali (control system) di bidang manufaktur, dengan berpedoman pada mutu (quality), keefektifan biaya (cost effectiveness) dan ketepatan waktu penyelesaian dan penyerahan (delivery time)
* mengetahui metode pemeliharaan dan perbaikan perangkat kendali
* memahami teknologi Computer Numerical Control (CNC), teknologi peralatan elektronik dalam bidang kedokteran, sistem energi terbarukan (Renewable Energy) dan sistem kontrol
* memiliki keahlian praktis dan teoritis di bidang mekatronik, otomasi manufaktur dan mesin-mesin CNC
* memasang, merawat dan memperbaiki mesin-mesin manufactur CNC
* berwirausaha

Program Studi Teknik Mekatronika ATMI Surakarta menyiapkan lulusannya benar-benar kompeten di dalam bidangnya. Dengan berbekal kemampuan dan pengetahuan diharapkan para lulusan mampu bekerja di bidang:

1. Perawatan mesin-mesin CNC, peralatan elektronik, maintenance
2. Perawatan, perbaikan dan instalasi energi terbarukan (Renewable Energy)
3. Produksi permesinan dan otomasi industri manufaktur
4. Perancangan mekatronik
5. Maintenance Support Station Healthcare (MSSH)

Staf Pengajar

Pendidikan profesional program studi Teknik Mekatronika menuntut jumlah pengajar yang memadai dan keahlian yang sesuai dengan tuntutan pendidikan itu sendiri. Untuk itu Program Studi Teknik Mekatronika mengambil pengajar tetapnya dari ATMI Surakarta yang telah belajar lebih lanjut, baik di dalam maupun luar negeri, dan beberapa tenaga lulusan dari perguruan tinggi lain yang sesuai, khususnya untuk mata kuliah humaniora. Direncanakan mereka nantinya diberi kesempatan untuk memperdalam ilmunya di dalam negeri maupun di luar negeri (Swiss, Jerman, Belanda, Singapura) untuk jangka pendek (non formal) maupun jangka panjang (formal).
Gelar Kelulusan dan Status Akademik
Mahasiswa yang telah menyelesaikan studi dan lulus ujian baik praktik maupun teori, dengan memenuhi segala ketentuan yang berlaku berhak menyandang gelar professional ahli madya (D3) di bidang Teknik Mekatronika.

Kurikulum

Kurikulum ATMI Surakarta terdiri dari : 33 % kuliah Teori dan 67 % kuliah praktek yang diselenggarakan dalam 6 (enam) semester atau dalam 3 (tiga) tingkat dan mempergunakan sistem paket dengan gugur tingkat.

Kualifikasi Diploma-3 Teknik Mekatronika, disiapkan untuk mampu merancang, merencanakan dan membuat perangkat kendali servomekanis pada bidang manufaktur, dengan berpedoman pada mutu (quality), keefektifan biaya (cost effektiveness) dan ketepatan penyelesaian serta penyerahan (delivery) dan mengetahui metode pemeliharaan dan perbaikan perangkat kendali. Disamping itu, lulusan memahami etika profesi dan makna kerjasama serta memahami nilai-nilai keselamatan dan kesehatan kerja

Lulusan Program Studi Teknik Mekatronika sangat dibutuhkan di industri manufaktur, technical support untuk sektor service. Bisa juga sebagai supervisor dan tenaga ahli untuk sistem manufaktur di bidang disain dan rekayasa. Tidak menutup kemungkinan untuk tingkat manager bagi lulusan Teknik Mekatronika. Dengan target pembelajaran di ATMI, terbuka peluang bagi lulusan Teknik Mekatronika menjadi tenaga ahli di bidang teknologi CNC dan Medical Equipment

Kelompok Teknologi/Technological Skills

No.
Ranah Keahlian Mata Kuliah
1. Perancangan Mekatronika (design)
Mekanik Teknik 1
Matematika 1,2,3
Gambar Teknik Mesin
Fisika Dasar
Teknik Listrik dan Elektronika
Mekanika Teknik Bahan
Gambar Teknik
Teknik CNC
Ilmu Kekuatan
Elektro Teknik Lanjutan Elektronika Lanjutan
Digital Teknik 1,2
Teknik Kendali 1,2
Pneumatic Hydroulic
CAD
Teknik Pengerak (Elektro Daya)
PLC
Sensorik
Sistem Desain Mekatronika
Manajemen Produk dan Perancangan
2. Perancangan Pembuatan (planning)
Teknik Manufaktur
Teknik Pengukuran
3. Proses Pembautan (production)
Praktik Kerja Basic
Praktik Kerja Applied
Praktik Kerja Advanced
4. Pemeliharaan-perawatan
Praktik Perawatan dan Reparasi
Perawatan dan Reparasi
5, Material (material engineering)
Ilmu Bahan
6, Mutu (quality)
Awareness ISO 9001
Kemampuan Humaniora (Humanistic Skill)

No.
Ranah Keahlian Mata Kuliah
1. Kemampuan komunikasi (Communication Skills)
Bhs Inggris 1,2,3
LKTD
2. Kemampuan Komputer
Teknik Komputer 1
Teknik Pemrograman
3. Kemampuan berbudaya (Cultural Skills)
Etika Dasar
Etika Sosial
Pendidikan Pancasila
4. Kemampuan bekerjasama (Teamwork Skills)
Supervisi/ assesor
Kemampuan Wirausaha /Business Skills

No.
Ranah Keahlian Mata Kuliah

1.
Kemampuan Berwirausaha (Enterpreneurship)
Manajemen Bengkel
Kewirausahaan

Fasilitas

Sarana dan prasarana pendidikan yang berupa ruang kuliah dan praktikum disiapkan di kampus ATMI Karangasem dan ATMI Intercamp ( Jl Adisucipto ), yang terdiri dari Laboratorium praktikum sebagai berikut :
Laboratorium Tingkat 1 Laboratorium Tingkat 2





Praktik Gambar Teknik Dasar
Praktik Kerja Bangku
Praktik Kerja Bubut Dasar
Praktik Kerja Milling Dasar
Praktik Kerja Gerinda Dasar
Praktik Kerja Listrik Dan Elektronika Praktik Elektroteknik Lanjutan
Praktik Digital 1
Praktik Kerja Bubut Produksi
Praktik Kerja Frasi Produksi
Praktik PLC Dasar
Praktik Pemrograman Mikrokontroler
Praktik Perawatan Dasar
Praktik CNC Programing
Praktik CAD
Laboratorium Tingkat 3
Praktik kerja mesin CNC
Praktik CATIA
Praktik Digital Teknik 2
Praktik Teknik Pengerak
Praktik PLC Lanjutan
Praktik Perawatan Lanjutan
Praktik Teknik Kendali

0 komentar:

Posting Komentar