Selasa, Juni 16, 2009

Apa Beda Gravitasi Dengan Magnet?

Menurut kalian gravitasi sama medan magnet itu sama tidak?
Mungkin ada yang bilang iya, dan ada juga yang bilang tidak. Tapi mana yang benar?
Kalau gravitasi dan percepatan itu sudah dibuktikan oleh Mbah Einstein melalui Prinsip Ekivalensi yang menyatakan bahwa gravitasi dengan percepatan tak terbedakan.
Tapi kalau magnet bagaimana? Kan sama-sama menarik benda? Beda apa nggak sih?
Simak pembahasan berikut :

-Gravitasi adalah gaya tarik-menarik yang terjadi antara semua partikel yang mempunyai massa di alam semesta.
Fisika modern mendeskripsikan gravitasi menggunakan Teori Relativitas Umum dari Einstein, namun hukum gravitasi universal Newton yang lebih sederhana merupakan hampiran yang cukup akurat dalam kebanyakan kasus.

Sebagai contoh, Bumi yang memiliki massa yang sangat besar menghasilkan gaya gravitasi yang sangat besar untuk menarik benda-benda disekitarnya, termasuk makhluk hidup, dan benda benda yang ada di bumi. Gaya gravitasi ini juga menarik benda-benda yang ada diluar angkasa, seperti bulan, meteor, dan benda angkasa laiinnya, termasuk satelite buatan manusia.

Beberapa teori yang belum dapat dibuktikan menyebutkan bahwa gaya gravitasi timbul karena adanya partikel gravitron dalam setiap atom.

-Magnet atau magnit adalah suatu obyek yang mempunyai suatu medan magnet. Kata magnet (magnit) berasal dari bahasa Yunani magnítis líthos yang berarti batu Magnesian. Magnesia adalah nama sebuah wilayah di Yunani pada masa lalu yang kini bernama Manisa (sekarang berada di wilayah Turki) di mana terkandung batu magnet yang ditemukan sejak zaman dulu di wilayah tersebut.

Pada saat ini, suatu magnet adalah suatu materi yang mempunyai suatu medan magnet. Materi tersebut bisa dalam berwujud magnet tetap atau magnet tidak tetap. Magnet yang sekarang ini ada hampir semuanya adalah magnet buatan.

Magnet selalu memiliki dua kutub yaitu: kutub utara (north/ N) dan kutub selatan (south/ S). Walaupun magnet itu dipotong-potong, potongan magnet kecil tersebut akan tetap memiliki dua kutub.

Magnet dapat menarik benda lain. Beberapa benda bahkan tertarik lebih kuat dari yang lain, yaitu bahan logam. Namun tidak semua logam mempunyai daya tarik yang sama terhadap magnet. Besi dan baja adalah dua contoh materi yang mempunyai daya tarik yang tinggi oleh magnet. Sedangkan oksigen cair adalah contoh materi yang mempunyai daya tarik yang rendah oleh magnet.

Satuan intensitas magnet menurut sistem metrik pada Satuan Internasional (SI) adalah Tesla dan SI unit untuk total fluks magnetik adalah weber. 1 weber/m^2 = 1 tesla, yang mempengaruhi satu meter persegi.

kesimpulan:
persamaan : sama-sama punya 2 kutub yang sama ( utara dan selatan )
perbedaan : gaya tarik magnet hanya berlaku pada benda tertentu seperti logam dsb. sedangkan gaya gravitasi berlaku untuk semua benda, dan mahluk hidup.

Sudah mengerti kan?
Jadi kesimpulannya gravitasi itu berbeda dengan magnet tapi mempunyai kesamaan.
Semoga membantu Anda....

1 komentar:

Anonim mengatakan...

carane gawe pye?

Posting Komentar