Jumat, November 20, 2009

Peluang Bisnis BEBAS RESIKO: Joinnya Gratis, Kerjanya Mudah

Hai teman-teman semua, :)

Udah pada tahu dong kalau sekarang ada banyak sekali cara untuk bisa mencari uang melalui internet. Ada yang berbayar, ada yang gratis. Kalau saya, tentu lebih suka yang gratisan, hehe :D

Terkait dengan hal itu,.. Nah... Barusan saya browsing dan menemukan sebuah situs bisnis yang menarik. Namanya GratisMudah.Com.

Kenapa menarik? Alasannya adalah karena untuk join (bergabung) di situs tersebut biayanya Rp 0 saja, alias gratis.

Eits, tapi walaupun gratis, ini bukan berarti bahwa hasilnya juga "gratis". Bahkan hasilnya hasil yang "mahal" karena situs itu memberikan bayaran hingga Rp 277 juta+ untuk member-membernya.

Asyik kan? :)

Mana ada lagi kan program bisnis yang joinnya gratis tapi menawarkan (dan membuktikan) untuk memberikan jutaan rupiah seperti itu?

Kenikmatan duniawi ini namanya ^_^!

Oh iya, selain joinnya gratis, kerjanya juga gampang banget...

Cara kerjanya cukup mudah, kita hanya diperintahkan untuk menawarkan orang lain datang ke URL tertentu. Setiap kali orang lain bergabung dengan situs yang dituju, kita akan mendapat bayaran Rp 25. Semakin banyak kita menyebar URL-nya, semakin banyak juga komisi yang kita dapat.

Dan sebagai catatan: untuk bergabung di URL yang diberikan tersebut biayanya adalah Rp 0 (GRATIS), sehingga dijamin tidak akan sulit untuk merekrut orang supaya join di URL yang dituju. Soalnya, mana ada sih orang yang nolak join bisnis gratisan tapi prospektif... ;)

Dan terakhir, jangan khawatir bakal rugi karena di bisnis ini kita tidak bisa rugi. Kenapa? Karena daftarnya gratis jadi bener-bener TIDAK ADA RESIKO & TIDAK MUNGKIN RUGI.

Intinya: Benar-benar asyik! Benar-benar gampang!

Benar-benar sesuai namanya: GRATIS dan MUDAH!

Penasaran kan? Ingin join kan? Ingin tahu gimana cara kerjanya?

Ok, silakan langsung join di ==> http://gratismudah.com/?id=banukhoir

Ingat: pendaftaran GRATIS jadi TIDAK MUNGKIN RUGI apa pun untuk join. Jangan khawatir rugi sama sekali.

Dan ingat juga: cara kerjanya sangat mudah. Makin aktif Anda bekerja (tanpa biaya), makin besar komisinya.

Sekali lagi, langsung join di sini! ==> http://gratismudah.com/?id=banukhoir

Catatan:

[1] Tolong banget ikuti link-nya, baca penjelasannya, terus join programnya (GRATIS). Sesudah itu, tolong lihat-lihat isi member area-nya. Ada beberapa info menarik di sana.

[2] Setelah melihat member areanya, tolong tulis pendapat teman-teman tentang program tersebut di note ini.

BTW, di dalam member areanya ada banyak tawaran bonus ebook gratis lho... bakal rugi kalau enggak join & gak ngikutin penawaran bonus-bonusnya, :)

[3] Masih belum join? Ya ampuun... ^_^"

Langsung join di sini! ==> http://gratismudah.com/?id=banukhoir

Selasa, November 17, 2009

Celoteh : Nyamuk

Konon, nyamuk itu adanya hanya di daerah tropis dan sub-tropis. Selain di daerah lintang tersebut - antara 35o LS dan 350 LU, tidak dijumpai adanya nyamuk. Oleh karena itu, bagi kita yang tinggal di Indonesia tak lekang dengan urusan nyamuk ini. Bahkan makin hari makin berkembang saja tingkat kompleksitasnya. Dulu hanya dikenal nyamuk penyebar malaria (anopheles), nah sekarang sudah berkembang nyamuk penyebar DB alias demam berdarah yaitu si aedes aegipty. Dengan tingkat evolusi yang semakin hari semakin meresahkan. Sebab yang tadinya timbul bercak merah – darah, sekarang bahkan tanpa harus ada bintik - bintiknya. Yang jelas trombosit jadi patokannya, drop di bawah normal dengan ciri lain demam yang juga bisa menjadi ciri atau gejala sakit selainnya. Rumit kan?

Ngomong – ngomong tentang nyamuk, saya punya cerita. Istri saya di rumah tidak bakalan bisa tidur, kalau ada satu ekor nyamuk saja yang terbang sambil berdengung terdengar telinganya. Apalagi kalau temannya banyak. Oleh karena itu, ia paling rajin berurusan dengan nyamuk ini. Apalagi dengan meningkatnya eskalasi tingkat bahaya nyamuk seperti sekarang. Jadi tambah lebih waspada atau mendekati phobia. Beli obat nyamuk elektrik. Kurang mantep beli yang spray. Kurang mantep juga beli yang cair dan menyemprotkannya sendiri. Tak ketinggalan juga yang jenis oles seperti autan. Lengkap sudah perkakas untuk membasmi nyamuk ini. Walau begitu, nyamuk – nyamuk itu tak pernah jera. Patah tumbuh hilang berganti, kayak semboyan TNI. Sebab hari ini habis dibasmi, besoknya ada lagi dan lagi. Setiap pintu dan jendela pun sudah dipasangi kasa nyamuk. Kurang apa coba? Namun tetap saja ada nyamuk yang datang dan datang. Entah sampai kapan.

Berbeda dengan kelakuan saya. Saya paling akur dengan nyamuk – nyamuk ini, seperti lagunya ratu ttm teman tapi mesra. Kalau cuma satu sampai tiga nyamuk yang bersliweran, saya masih dengan entengnya pergi tidur. Pakai ngorok lagi. Kecuali kalau nyamuknya sudah rombongan dan menyerang laksana F-16, saya baru menyerah, dan nggak bisa tidur. Pernah suatu ketika saya diajak teman (Mas Mugi) ke bilangan Jakarta (nyusul Mas Huri) di bilangan Cilandak Pasar Minggu, dan malamnya terpaksa menginap di sebuah musholla. Di situ saya benar – benar kolap. Meradang menghadapi serangan nyamuk yang nggak ketulungan. Inilah mungkin nyamuk metropolitan yang garang dalam sejarah hidup saya. Tanpa autan, tanpa sarung, tanpa kipas. Benar – benar pasrah bongkoan. Hanya rasa capek yang sangat waktu itu yang mampu menidurkan saya. Di tengah badai gempuran nyamuk yang membabi buta. Mungkin ribuan jumlahnya yang menyerang kami berdua.

Dau tahun di Jambi, saya hanya menghabiskan satu botol baygon spray ukuran kecil. Itu pun saya beli saat anak – anak berkunjung ke Jambi. Karena SOP dari istri saya harus begitu. Setelah itu, tak pernah ada pembelian lagi. Saya cukup enjoy ketika beranjak ke peraduan mendengar dengung nyamuk. Selesai doa saya pasti berharap, mudah – mudahan nyamuk – nyamuk ini membangunkan saya di kesempatan 1/3 malam yang akhir. Dalam hati pun berujar, darah yang terhisap mudah-mudahan menjadi bagian shodaqoh. Kalis ing sambi kala. Yang penting tidak kena penyakit akibat gigitan nyamuk ini. Alhamdulillah. Walau begitu, kalau melihat sang nyamuk sudah gendut dan gemuk, susah terbang, karena penuh dengan darah, saya bernafsu juga untuk memburunya. Sewot juga.

Maka yang terjadi selanjutnya, ketika saya pulang ke Jakarta sering nggak sreg dengan tingkah istri itu. Dialog pun dilakukan. Menurut saya, terlalu banyak racun yang terhirup oleh tubuh, kalau pola seperti itu terus dilakukan. Dan itu tidaklah baik untuk kesehatan dalam jangka panjang. Oleh karena itu usaha teknis - mekanis perlu ditingkatkan. Selain memasang kasa nyamuk, kini istri juga sedia raket penyetrum nyamuk, makhluk Allah yang kebanyakan dikenal sebagai musuh manusia di belantara tropis ini. Namun jarang kita yang tersadar, akan peringatan Allah lewat nyamuk ini. Simaklah firmanNya; “Sesungguhnya Allah tiada segan membuat perumpamaan berupa nyamuk atau yang lebih rendah dari itu. Adapun orang-orang yang beriman, maka mereka yakin bahwa perumpamaan itu benar dari Tuhan mereka, tetapi mereka yang menentang mengatakan: "Apakah maksud Allah menjadikan ini untuk perumpamaan?." Dengan perumpamaan itu banyak orang yang disesatkan Allah, dan dengan perumpamaan itu pula banyak orang yang diberi-Nya petunjuk. Dan tidak ada yang disesatkan Allah kecuali orang-orang yang fasik.” (QS al-Baqoroh 26)

Mungkin hanya kedunguan kita saja, sehingga tidak bisa mengambil manfaat dari gambaran Allah lewat nyamuk ini. Contoh yang gampang, kalau nyamuk musnah, tentu produsen obat nyamuk juga sirna. Dan berapa orang yang akan kehilangan pekerjaan dan penghasilan? Beribu penelitian dilakukan. Beribu percobaan disusun. Untuk sebuah formula. Justru darinya banyak manfaat yang berguna buat manusia. Hanya kesadaran dan kearifan ditambah dengan kesabaran yang akan menuntun kita untuk menemukan rahasiaNya. Jangan sampai kita putus asa dan mengutuk keadaannya seperti orang – orang yang menentang itu, untuk apa ini semua? Jadikanlah ia sebagai jembatan untuk semakin mendekat kepadaNya.

Wassalamu'alaikum,
Fami

Sumber : http://jokam.com

MUBALLIGH, MOTOR DAN CINTANYA

Assalamu alaikum Wr Wb

Sebuah kebahagiaan tersendiri bagi seorang suami ketika melihat isterinya tersenyum. Suami yang baik, tentu akan berusaha dengan sekuat tenaga asalkan bisa membuat senang hati isterinya, membuat isterinya tersenyum. Tetapi, bagaimana jika permintaan isteri terlampau sulit untuk dipenuhi. Jawabnya, yang penting berusaha dulu, diawali dengan sebuah niat. Kemudian pelan-pelan berusaha mewujudkan permintaan sang isteri. Seperti kejadian yang dialami oleh seorang mubaligh.Suatu hari istrinya meminta ini..“Aku pingin dibonceng pake motor oleh bapak”. Begitu permintaan isterinya.

Bagi suami yang mahir dan punya kendaraan bermotor sendiri, tentu mewujudkan hal itu mudah saja. Tak jadi soal. Tapi bagaimana jika suami tak punya motor dan belum bisa juga mengendarai sepeda motor. Sungguh, sebuah tantangan yang berat, permintaan itu tak mudah untuk segera terwujudkan. Sang mubaligh sadar betul atas kekurangan dirinya, (dia datang dari pedalaman Sulawesi, melihat kendaraan bermotorpun setelah usia belasan tahun), tentunya tidak mudah memenuhi dalam waktu dekat, memenuhi permintaan istrinya. Tetapi dalam diam, betekad kuat agar bisa memiliki motor dan membocengkan isterinya. Sungguh, sebuah romantika tersendiri ketika impian itu benar-benar terwujudkan. Bagi para suami, memahami perasaan dan kemauan isteri itu penting sekali. Seperti pada kasus sang mubaligh tadi. Sebenarnya, permintaan sang isteri tidak langsung diutarakan kepada suaminya. Permintaan itu muncul ketika sang isteri mengikuti acara “Keluarga Bahagia”, saat mengikuti acara itu, sang pembawa acara menyuruh peserta untuk menuliskan impian-impiannya. Banyak di antara ibu-ibu yang ingin punya rumah sendiri yang besar, tidak ngontrak lagi ingin suaminya punya penghasilan tetap dan lain-lain. Tapi, isteri sang mubaligh, mintanya itu tadi “dibonceng motor”.Kebetulan,permintaan istri mubaligh itu dibaca sang mubaligh. Agak aneh, tapi itulah yang terjadi.

Bagi para suami, memahami perasaan dan kemauan isteri itu penting sekali.Diam-diam dikumpulkanlah uang. Mulai dari jerih payahnya berjualan majalah, mengajar, sampai membantu pekerjaan kasarpun dikerjakan,asal terkumpul uang dan demi menyenangkan istri tercinta. Harapannya hanya satu, bisa membeli sebuah motor. Selang beberapa waktu, ternyata kerja kerasnya tak sia-sia, pada akhirnya bisa juga membeli sebuah BMW (Bebek Merah Warnanya)tua... Motor itu menjadi saksi atas ketulusan dan kecintaannya kepada sang isteri. Seseorang yang telah menjadi bagian penting dalam hidupnya. Namun, masalahnya sekarang, bagaimana cara mengendarainya..?Wah.., sang mubaligh masih harus berjuang lagi.Berlatihlah ia mengendarai sepeda motor. Tentunya dengan tertatih-tatih pula. Hambatan terbesar sang mubaligh adalah, belum bisa belok kanan. Kalau mau belok kiri, lancar-lancar saja, tapi giliran mau belok kanan, susahnya minta ampun. Nah, dari cerita seorang teman, sang mubaligh bisa belok kanan karena terpaksa, karena dikejar anjing yang memaksanya belok kanan. Terang saja, cerita teman itu membuat saya terpingkal-pingkal dan ngakak,mendengarnya, tentunya juga bercampur keharuan yang dalam. Tetapi, jalan itu yang kemudian lambat laun bisa membuatnya lancar naik motor.

Akhirnya harapan sang isteri untuk bisa dibonceng motor suaminya kesampaian juga. Sungguh, tak terbayangkan bagaimana kebahagiaan di dalam hati sang mubaligh karena pada akhirnya bisa memenuhi permintaan isterinya. Jika dulu hanya bisa mengendarai sepeda mini untuk mengantarkan anak-anaknya yang juga sepeda itu dipakai isterinya. Kini, sang mubaligh bisa bermesraan dengan berboncengan bersama isterinya. Romantis sekali yah....Sebab karena cintalah, Semula yang agaknya susah menjadi mudah Begitulah cinta menemukan bentuknya...

Nah, bagi para suami, sebagai penghormatan kepada isteri, sesekali berikanlah kado cinta untuk sang isteri. Apapun bentuknya, agar bunga-bunga cinta kembali mekar melalui senyum manisnya. Jika belum bisa melakukannya, berniat dan berusahalah. Jika belum juga bisa, sekedar SMS pun bisa sungguh bermakna, ucapkanlah “Aku Cinta Kamu” pada isteri. Terlihat gombal tapi perlu. Jika sudah begitu, serasa dunia milik berdua.yang lainnya ngontrak... Hmmm Cinta Berjuta rasanya......

Wassalamu alaikum Wr Wb.

Tito irawan

Sumber : http://jokam.com

Sabtu, November 14, 2009

Kekeringan, Wabah Kelaparan dan Epidemi di Cina pada Abad Keempat Belas

1333-1347
Lebih dari 9.000.000 Orang Tewas



Sang Mahakuasa telah memanggil dunia bersama semua makhluk hidupnya ke dalam sebuah gambar hidup, mengungkapkan diri-Nya terutama dalam bentuk ketandusan wabah yang besar. Kekuatan ciptaan telah tiba dalam bentuk tabrakan ganas; kekeringan atmosfer yang panas; gempa bumi; kabut air yang membanjir, menandakan kehancuran. Alam tidaklah puas dengan pergantian antara kehidupan dan kematian, dan malaikat penghancur melambai di atas manusia dan mengacungkan pedangnya yang menyala.

* * *

Wabah kelaparan, kadang kala diselingi oleh wabah sampar yang bersifat (qualitas occulta) bermusuhan terhadap manusia. Hal ini sering kali terbentuk oleh sebab lain, dimana dokter menyadari bahwa penularan ini layak diperhitungkan; dan layak dipuji karena berpandangan bahwa epidemi cacar air adalah sebab yang pasti dari wabah ini, sebagaimana juga halnya pendapat para dokter dan orang-orang Timur pada masa kini.

- J.F.C. Hecker, The Black Death -

Kemurkaan Berbagai Elemen

Selama lebih dari satu dekade, Cina telah dihancurkan oleh serangkaian bencana alam, melalui serangkaian cara, telah merenggut nyawa lebih dari 9 juta orang, dan telah melahirkan epidemi terburuk yang pernah dikenal oleh umat manusia, Black Death.

Walaupun bukanlah peristiwa tunggal, periode dalam sejarah Cina ini dipandang secara inklusif, karena hilangnya nyawa terjadi secara monumental dan tanpa henti. Kenyataannya, kejadian ini tampaknya menghasilkan suatu “kesimpulan,” sebagaimana dikatakan oleh Profesor J.F.C. Hecker dalam The Black Death. “Banjir dan kelaparan telah menghancurkan berbagai wilayah,” tulis Hecker, hingga tahun 1347, di mana kemurkaan berbagai elemen ini telah surut di Cina.

Profesor Justus Friedrich Carl Hecker adalah salah satu profesor paling termasyhur dalam bidang kedokteran, dan spesialisasinya adalah sisi historis obat-obatan, dan pengungkapannya terhadap penyebab kehadiran dan penyebaran penyakit ini serta dampaknya terhadap sejarah umat manusia. Tulisannya yang berjudul The Black Death pada tahun 1832 adalah suatu penelitian paling menyeluruh dan saksama tentang wabah ini di Eropa. Profesor Hecker juga menyediakan informasi berharga mengenai periode antara tahun 1333 hingga 1347 di Cina, periode yang telah melahirkan Black Death di Eropa, yang mulai pada tahun berakhirnya periode ini di Cina.

Periode ini diawali dengan musim kemarau yang membakar di Cina Tenggara, di area antara Sungai Kiang dan Hoai. Sebagaimana halnya yang selalu terjadi pada musim kemarau jangka panjang, hasil panen layu, ternak kelaparan, dan terjadi wabah penyakit. Saat angka kematian memuncak dan orang-orang berdoa untuk hujan, dewa apa pun yang mereka sembah memang mengabulkan permohonan mereka, dan mengirim hujan sangat lebat yang telah membinasakan lebih dari 400.000 orang. Saat orang-orang yang selamat berusaha mengatasi tragedi ini, gempa bumi telah menyebabkan runtuhnya Gunung Tsincheou yang terletak tak jauh dari sana, diikuti dengan terbelahnya bumi sehingga merenggut lebih banyak korban jiwa lagi.

Bulan-bulan awal tahun berikutnya, 1334, nyaris mencapai tingkat kematian yang sangat besar. Mula-mula, kota Kanton di sebelah selatan (sekarang Guangzhou) yang saat itu menjadi ibu kota kekaisaran Cina, telah dikepung oleh banjir yang sangat besar. Pada saat bersamaan, kota Tche mengalami kekeringan parah, sehingga memunculkan suatu wabah (mungkin pes) yang telah merenggut nyawa lebih banyak lagi.

Beberapa bulan kemudian, daerah yang sama telah dihantam oleh gempa bumi kuat yang telah menyebabkan gunung runtuh dan meluapnya kawah raksasa. Menurut Hecker, salah satu “danau” yang baru saja terbentuk mencapai lebar seratus lima puluh kilometer. Seribu orang telah tenggelam di lubang maut yang dibentuk oleh gempa bumi ini.

Pada tahun berikutnya, tahun 1335, di daerah Honan (sekarang Hunan), kekeringan melanda selama lima bulan, membawa wabah dalam berbagai bentuk jenisnya, jenis wabah sebagaimana dikisahkan dalam Kitab Suci: awan belakang turun ke daratan dan melahap apa pun dan segala sesuatu yang tumbuh. Tentu saja, saat panen telah hilang dan kurangnya hujan telah menghalangi segala sesuatu untuk tumbuh, hasilnya adalah kelaparan, diikuti oleh merebaknya wabah. Puluhan ribu orang tewas.

Pada tahun 1336, bagian selatan Cina dilanda gelombang naik turun yang mengerikan, dalam hal kekeringan yang diikuti banjir, kombinasi yang berdampak terjadinya wabah kelaparan terburuk dalam sejarah. Pada tahun 1337, wabah ini telah membunuh 4 juta jiwa. Tentu saja, kematian dan kelaparan sebanyak ini diikuti oleh semakin banyaknya belalang, begitu pula dengan banjir yang terjadi secara berkala, dan kemudian gempa bumi yang terjadi selama enam hari penuh.

Pada tahun 1338, kota kuno Kingsai dan wilayah yang mengelilinginya telah dihantam oleh gempa bumi yang dilaporkan berlangsung selama sepuluh hari. Fakta ini mungkin dibesar-besarkan, tetapi kerusakan dan kematian lagi-lagi menebarkan kawanan belalang kelaparan, yang makin menambah penderitaan ini.

Tahun 1339 kembali melanjutkan rentetan bencana di Cina. Dari buku berjudul Black Death karangan Hecker dikutip:

Gunung Hong-tchang telah runtuh, dan mengakibatkan banjir besar yang menghancurkan; dan setelah hujan selama tiga bulan, diikuti oleh genangan air di Pien-tcheon dan Leang-tcheou, yang telah menghancurkan tujuh kota …

Tahun 1340 hingga 1343 telah membawa bencana gempa bumi, yang terjadi berulang kali di Cina; tahun 1344 membawa tsunami sangat besar yang menghancurkan kota Ventcheou; tahun 1345 telah menyaksikan banjir dan wabah kelaparan, kali ini di Ki-tcheou, dan periode ini diakhiri oleh banjir pada tahun 1346 di Kanton, lebih banyak wabah kelaparan, dan apa yang disebut oleh Hecker sebagai “petir bawah tanah,” yang memiliki makna tunggal sebagai gemuruh gempa bumi.

Wabah yang diawali tahun 1333 dan menghancurkan Cina kemudian berpindah ke Eropa selama lebih dari lima belas tahun, kemudian wabah ini muncul untuk pertama kalinya di Konstantinopel (Turki) pada bulan Desember tahun 1347. Wabah berpindah ke Eropa dalam bentuk kutu yang menumpang pada bulu kucing, yang menumpang kapal dagang yang menuju ke negara-negara Eropa.

Berapa pun jaraknya, kapan pun saatnya, setiap orang bisa menjadi korban penyakit yang berasal dari sudut lain bumi ini.

Kamis, November 12, 2009

Wabah Kelaparan Kentang di Irlandia

IRLANDIA

1845-1850

1.029.552 Orang Tewas

1.180.409 Beremigrasi

Kerugian Ekonomi senilai $725 juta1


Enam buah tengkorak yang buruk dan mengerikan, semuanya tampak mati, berkerumun di sebuah pojok, di atas jerami yang kotor, satu-satunya penutup tubuh mereka yang tampak bagai pakaian kuda yang buruk. Kaki mreka menggantung, telanjang di atas lutut. Aku mendekatinya dengan rasa takut, dan mendapati bahwa mereka masih hidup karena terdengar suara mengerang – mereka demam, empat orang anak, seorang wanita, dan apa yang dahulu adalah pria. Dalam waktu beberapa menit aku dikelilingi oleh dua ratus orang semacam ini, yang tak terungkap dalam kata-kata.

- Nicholas Cummins, The Times of London, 1847 -

Tha shein ukrosh. (“Ini adalah kelaparan sesungguhnyadalam bahasa Celtic).

- Seorang petani Irlandia yang kelaparan selama wabah kelaparan kentang -

Wabah kelaparan kentang di Irlandia dan kolektivisasi Stalin keduanya memiliki persamaan yang suram.

Stalin membiarkan jutaan rakyatnya sendiri kelaparan sedangkan ia mengekspor berton-ton gandum untuk membesarkan peti harta negara. Saat panen kentang di Irlandia gagal pada tahun 1845 akibat penyakit tanaman, Irlandia tetap mengekspor hasil panen negara dan ternak ke Inggris, sedangkan penduduk Irlandia kelaparan hingga tewas atau tewas akibat penyakit yang disebabkan kekurangan gizi. Inggris memang mengizinkan Irlandia untuk membeli padi, tetapi tak seorang petani pun di Irlandia mampu membayarnya. Catharina Japikse dari U.S. Environmental Protection Agency, menulis pada Jurnal EPA yang terbit pada musim gugur tahun 1994, menekankan, “sebenarnya Irlandia tidak kelaparan karena kekurangan bahan makanan, tetapi kekurangan bahan makanan yang mampu mereka adakan.”

Kentang telah diperkenalkan di Irlandia pada pertengahan tahun 1600-an, dan tak lama kemudian menjadi panen terpenting dan tersebar di mana-mana. Kentang dicampur dengan sedikit susu mentega, dan kadang disantap dengan kubis dalam takaran kecil, ini adalah menu utama petani asli Irlandia. Petani kentang di Irlandia pada umumnya menyantap hampir empat kilogram kentang sehari, dan kurang dari setengah hektar lahan pertanian mampu mencukupi sebuah keluarga Irlandia yang terdiri dari empat orang sepanjang tahun, dan masih menyisakan tanah bagi panen lain. Banyak petani penyewa Irlandia juga menanam panen lain dan memelihara ternak, semuanya harus dijual untuk membayar harga sewa mereka yang tinggi.

Tahun 1845, jamur parasit, Phytophthora infestans, telah dibawa ke Irlandia melalui kapal-kapal dari Amerika Utara, terutama Meksiko. Jamur asing ini memang mematikan bagi kentang Irlandia, dan menyerang serta menyapu seluruh panen kentang Irlandia. Jamur ini telah mengakibatkan para petani Irlandia dan keluarga mereka tidak memiliki apapun untuk dimakan kecuali beberapa ons jagung, yang akan mereka terima melalui bantuan pemerintah Inggris yang terbatas. Mereka akan mencampur jagung ini dengan susu atau air dan menjadikannya sebagai jagung panas dengan rasa tawar, kandungan substansi kecil, dan kandungan gizinya hampir tidak ada.

Saat populasi menjadi semakin lemah dan mulai menderita kelaparan, berbagai penyakit, termasuk tipus, kolera, disentri, demam, radang paru-paru, dan berbagai penyakit ringan lain yang disebabkan oleh gizi rendah, kelemahan, dan kelaparan, mulai merajalela.

Orang mulai sekarat dalam kelompok-kelompok, dan para penggali liang kubur terlalu lemah untuk menggali lebih dari satu kaki (30 cm) di bawah permukaan tanah. Peti mati terlalu mahal dan juga tidak ada tukang kayu yang membuatnya. Karena itu, tengkorak sisa orang mati sering kali tetap dikubur dalam kaiin di mana mereka hidup dan meninggal.

Kebencian, permusuhan dan kecurigaan agama antara penduduk Irlandia yang beragama Protestan dan penduduk Irlandia yang beragama Katolik semakin menjadi-jadi pada tahun 1800-an. Beberapa orang Irlandia masih percaya bahwa upaya separuh hati yang dilakukan oleh pemerintah Inggris untuk membantu penduduk Irlandia yang kelaparan itu sebagian besar disebabkan oleh keinginan dari pihak Inggris untuk membebaskan diri dari penduduk Irlandia Katolik secara sepenuhnya. Meskipun demikian, pemerintah Inggris memang menerapkan program pekerjaan umum, memerintahkan para petani kentang untuk bekerja membangun jembatan-jembatan, jalan-jalan, kanal-kanal, dergama, dan berbagai infrastruktur Irlandia lainnya. Sejumlah proyek ini sering kali adalah proyek yang tidak diperlukan, sebagaimana halnya dengan program kerja FDR selama masa Depresi Besar, dan pada masa kini muncul di struktur Irlandia yang dibangun pada masa Wabah Kelaparan Kentang yang masih terjadi.

Sisi buruk proyek kerja Inggris ini adalah bahwa proyek ini menuntut orang yang kurus dan lemah untuk melakukan pekerjaan fisik yang berat, tanpa disertai peningkatan masukan makanan setelah itu. Para pekerja dibayar dengan jumlah amat kecil oleh pemerintah Inggris, dan mereka tidak diberi makan selama hari kerja. Para pria sering ambruk akibat kelaparan dan kelelahan, banyak diantara mereka yang tewas. Mereka meninggalkan istri dan anak-anak yang kemudian mengalami kekurangan karena penghasilan yang sangat kecil yang telah diperoleh oleh suami mereka sebagai buruh pekerja.

Banyak petani Irlandia dan keluarga mereka, betapa pun besarnya cinta mereka terhadap tanah air, menolak untuk berbaring dan tewas begitu saja. Mereka berbondong-bondong menumpang kapal yang bertolak ke Amerika dan Kanada, mengakibatkan gerakan imigrasi besar-besaran.

Pada awal tahun 1840-an, populasi Irlandia adalah sekitar 8 juta jiwa, lebih dari 5 juta di antaranya bergantung pada pertanian sebagai mata pencaharian. Menjelang akhir dekade dan setelah wabah kelaparan itu, seperempat dari populasi – lebih dari 2 juta orang – telah pergi dari Irlandia: lebih dari satu juta orang telah tewas selama wabah ini, dan lebih dari satu juta telah meninggalkan negara mereka dengan harapan memperoleh kehidupan yang lebih cerah di Amerika dan Kanada. Menjelang tahun 1900, setelah emigrasi dan wabah kelaparan, populasi Irlandia telah menurun menjadi sekitar 4 juta jiwa. Populasi saat ini kira-kira sebanyak 3,5 juta orang.

Sayangnya, kondisi kapal yang bertolak dari Kepulauan Emerald sering kali mengerikan, dan banyak yang mati akibat penyakit dalam perjalanan mereka menuju ke hidup yang lebih baik. Bisa dikatakan, bahwa kapal-kapal imigran ini memperoleh julukan sinis sebagai “kapal peti mati”. Diperkirakan 20.000 emigran Irlandia telah tewas dalam perjalanan mereka melintasi laut.

Wabah kelaparan Irlandia telah mengubah wajah Irlandia dan meninggalkan luka mendalam yang masih menyakitkan hingga saat ini. Ini adalah tragedi paling menyedihkan dalam sejarah. Kerusakan pertanian memang tidak bisa dihindari, tetapi penderitaan, kelaparan, kematian, dan emigrasi besar-besaran sebenarnya bisa dihindari melalui tanggapan pemerintah yang lebih efektif dan penuh belas kasih.

1 16 juta frank pada tahun 1848, kira-kira setara $725 juta pada tahun 2002.




Kekejaman Alam yang tak terperikan

Dari “London Telegraph”
13 Februari 2002

Jutaan kupu-kupu terbunuh akibat badai yang ganjil
oleh Ronald Buchanan, Mexico City


Kemarin para ilmuwan melaporkan bahwa ratusan juta kupu-kupu monarch telah mati dalam sebuah badai salju yang ganjil di pegunungan Meksiko, di mana kupu-kupu ini berdiam di sini setiap musim salju, setelah terbang sejauh 3.000 mil (4.800 km).
Para peneliti Amerika dan Meksiko memperkirakan bahwa sebanyak 270 juta ekor kupu-kupu yang tak berdaya telah mengotori tanah, setelah badai bulan lalu di hutan cemara, di sebelah barat Kota Meksiko.
“Saya belum pernah menyaksikan kejadian seperti ini,” kata Dr. Lincoln Brower, seorang ahli biologi berkebangsaan Amerika yang telah memantau migrasi ini selama 25 tahun.
Penerbangan tahunan kupu-kupu ini dari timur, arah Kanada yang jauh jaraknya, telah dianggap sebagai salah satu migrasi besar dalam dunia hewan.
Mereka turun ke hutan dalam bentuk awan besar berwarna jingga setiap bulan November.
Karena kedatangan mereka bertepatan dengan Hari Raya Orang Mati di Meksiko, maka banyak penduduk desa yang berkeyakinan bahwa kupu-kupu ini mewakili arwah para nenek moyang mereka.



Rabu, November 11, 2009

Yuwie

Yuwie adalah situs jejaring sosial mirip friendster, tapi memiliki perbedaan yang sangat menguntungkan, karena di Yuwie kita akan dibayar dollar setiap

Ada yang liat Profil kamu, maka akan dihitung view.
Ada yang liat Blog kamu, diitung juga.
Ada yang liat Foto, Video n Layout yuwie kamu.
Ada yang liat Daftar Teman kamu.
Ada yang liat Komentar kamu.
Aktivitas di bagian Control Panel (Member Area Yuwie) seperti :

Edit profil kita
Upload photo kita
Send message
comment sana-sini
Buat blog
View profile temen

Jadi tunggu apa lagi? buruan daftar yuwie. cari temen sebanyak-banyaknya, posting blog, comment sana-sini, cari referall dan dibayar.

Cara daftar di yuwie :

klik DISINI , jangan tunggu loadingnya selesai langsung aja klik SIGN UP,

Email Address : isi dengan Email kamu

Confirm Email Address : Tulis Kembali Email kamu

Password : Tulis password kamu

Confirm Password : Tulis kembali password kamu

First Name : Nama depan kamu

Last Name : Nama belakang kamu

Gender : Jenis Kelamin

Date of Birth : Tanggal kelahiran kamu (bulan/tanggal/tahun)

Country : Negara, Pilih Indonesia

5 Digit zip : kosongkan saja kecuali anda berasal dari Negara US

Choose Your Personal URL : isi dalam kotak dengan nama anda, nick name, atau apa aja, tidak boleh ada spasi. Nantinya akan digunakan untuk mencari referall.


Security Question : pertanyaan yang berguna kalo lupa password, jangan lupa isi jawabannya juga di kotak bawahnya sekalian.

Langkah terakhir adalah dengan meng Klik tanda centang dalam 2 kotak dibawahnya lalu klik Next
Selamat anda sudah terdaftar di Yuwie
Setelah kamu meng klik NEXT maka akan muncul form iklan yang sepertinya kamu diharuskan isi biodata & email kamu juga, lewati aja semuanya klik tombol SKIP sampai kamu tiba di halaman profil kamu.
Oke...., segera cari teman sebanyak-banyaknya, klik browse untuk request friend. sebaiknya yang sedang online.
Posting blog, atur lay out profile semenarik mungkin, upload foto n video, comment sana-sini..ingat.... semua aktivitas ini akan dibayar oleh yuwie. see you....



Sabtu, November 07, 2009

Jatuhnya Pasar Saham Amerika Serikat Tahun 1929

AMERIKA SERIKAT

29 Oktober 1929

Kerugian Senilai Lebih dari $30 Miliar

Anda harus mengantre untuk melompat dari jendela, dan para spekulan elah menjual tempat di Sungai Timur.

- Will Rogers, seorang pelawak yang memberikan komentar setelah peristiwa jatuhnya pasar saham tahun 1929

Antrean memanjang di sepanjang lobi, keluar dari pintu ganda bank, turun hingga ke blok dan di seputar pojok. Lusinan orang yang ada dalam antrean ini berada di ambang kepanikan, tetapi sebagian besar berusaha keras memelihara sikap tenang. Menjelang berakhirnya hari itu, sebagian besar orang akan kehilangan uang yang mereka miliki di bank. Nyaris tak seorang pun berhasil mencapai loket untuk menarik apa yagn mereka miliki sebelum bank tutup, dan akhirnya gagal, salah satu dari empat ribu bank atau lebih yang tidak mampu bertahan dengan semakin berkurangnya simpanan mereka yang dipicu oleh jatuhnya bursa saham pada tahun 1929.

* * *

Calvin Coolidge tidak pernah melihat kedatangannya dan Herbert Hoover membuatnya menjadi bertambah memburuk.

Banyak sejarawan berpendapat bahwa keengganan Presiden Coolidge untuk menerapkan pembatasan pemerintah terhadap spekulasi pasar saham mengacu pada jatuhnya Pasar Saham tahun 1929.

Herbert Hoover dipersalahkan telah menyebabkan Depresi Besar yang memperburuk jatuhnya Pasar Saham ini dengan menandatangani Pajak Smoot-Hawley, yang membebankan pajak yang sangat tinggi terhadap barang-barang impor. (Ribuan pelaku ekonomi telah memohon kepadanya untuk memveto pajak ini, tetapi ia tidak melakukannya.) Tujuan Smoot-Hawley adalah mengurangi barang-barang impor yang juga bisa diperoleh di Amerika Serikat, dan oleh karenanya melindungi pabrikan Amerika yang kecil. Namun demikian, hasil yang diperoleh tidaklah sesuai yang diharapkan. Hasilnya adalah perang dagang internasional yang semakin memperdalam dan memperlama Depresi Besar.

Menjadi perdebatan mengenai benar tidaknya Kejatuhan Pasar Saham adalah satu-satunya penyebab Depresi Besar. Karena banyak penyebab Depresi Besar di Amerika Serikat dan depresi di berbagai tempat di seluruh dunia yang dipicu olehnya, maka agaknya memang tidak tepat untuk mencoba memandang sebuah peristiwa sebagai penyebab sesuatu yang begitu besar skalanya.

Namun demikian, sebagai sebuah peristiwa tunggal, jatuhnya Pasar Saham tahun 1929 telah menempati peringkat sebagai salah satu bencana finansial domestik dalam sejarah.

Pada hari Kamis tanggal 24 Oktober 1929, Amerika memperoleh sebuah tinjauan tentang hal-hal yang akan terjadi. Pada hari itu, nilai saham merosot tajam, dan Bursa Saham New York telah berubah menjadi ajang kepanikan dan kekalutan para pelaku pasar yang mencoba membuat saham apapun yang bisa mereka buang sebelum kehilangan segalanya. Pada hari itu terdapat lebih dari 1.100 orang pelaku pasar untuk menangani permintaan menjual. Pada hari yang normal, 750 orang sudah cukup. Suatu desas-desus telah tersebar di kalangan penduduk New York bahwa telah terjadi sejenis keadaan darurat finansial yang akan terjadi dalam waktu dekat, sehingga ribuan orang berkumpul di gedung Wall Street, berusaha keras mencoba mengetahui apa saja yang bisa mereka ketahui tentang apa yang sedang terjadi di dalam gedung tersebut.

“Berita apa yang kau dengar?” “Berapa besar kejatuhan pasar?” “Apa yang harus kita lakukan?” Semua pertanyaan-pertanyaan ini mendengung di antara kerumunan orang yang gelisah, saat mereka yang telah berhasil masuk ke anjungan pengunjung telah keluar.

Winston Churchill pun berada di anjungan pada hari itu, dan ia mungkin menyaksikan dengan tercengang bersama orang-orang lainnya saat nilai saham makin merosot, merosot dan merosot.

Pada pukul satu siang, keanjlokan ini berhenti saat sekelompok bankir terbesar telah “memberikan sumbangan” dengan cara melakukan investasi sebesar $20 juta pada saham yang terpenting. Tindakan ini tampaknya merupakan suatu trik, dan sekitar dua per tiga kerugian pada hari itu telah dipulihkan menjelang berakhirnya perdagangan pada hari itu.

Namun demikian, keadaan tenang ini hanya sementara saja, dan setelah beberapa hari turun-naik secara tajam, maka pasar saham ini jatuh pada tanggal 29 Oktober, “Selasa Gelap,” saat $15 miliar kekayaan telah hilang dalam waktu sehari. Sebelum perekonomian pulih, jumlah ini telah berlipat ganda, mengakibatkan kekayaan berjumlah lebih dari $30 miliar telah lenyap dari perekonomian Amerika Serikat.

Analogi terdekat dari apa yang terjadi pada para pemegang saham individual pada tanggal 29 Oktober 1929 adalah apa yang terjadi pada para pemegang saham Enron saat perusahaan mengajukan kebangkrutan pada awal tahun 2002. CNN banyak mewawancarai pegawai yang telah menginvestasikan seluruh dana pensiun mereka pada saham Enron, dan yang telah kehilangan segalanya saat nilai saham ini menjadi tak berharga. Saham salah seorang pegawai Enron bernilai $1,2 juta sebelum perusahaan ini bangkrut. Setelah itu jumlah dana pensiunnya bernilai $5.500. Ia mengatakan pada CNN bahwa dirinya berencana untuk mengulang semuanya dari awal lagi. Orang ini usianya lima puluh tiga tahun saat diwawancarai.

Jatuhnya pasar saham telah menyebabkan kerusakan besar terhadap perekonomian Amerika Serikat. Peristiwa ini adalah salah satu faktor yang telah menyebabkan Depresi Besar. Dalam waktu tiga tahun sejak tanggal 29 Oktober, jumlah pengangguran telah meroket dari tujuh juta orang menjadi enam belas juta orang.

Apa yang telah menyebabkan keruntuhan ini?

Sejumlah penyebab yang dikemukakan selama enam dekade terakhir adalah harga saham yang terlalu mahal, tindakan penipuan yang dilakukan para broker, pembelian yang berlebihan, kebijakan Cadangan Federal yang buruk, penipuan perusahaan terhadap masyarakat tentang keamanan investasi mereka dan kesehatan perusahaan di mana masyarakat melakukan investasi, ketidakkompetenan Presiden Hoover, dan berbagai penyebab lainnya, beberapa di antaranya akan mempermalukan para pencipta teori konspirasi yang paling paranoid.

Setelah peristiwa ini, pemerintah segera memotong tingkat bunga, yang kemudian meningkatkan persediaan uang, tetapi melakukan kesalahan tingkat bunga pada tahun 1931, sehingga menurunkan ketersediaan uang dan sangat menghalangi pertumbuhan perekonomian.

Membutuhkan waktu lebih dari satu dekade bagi perekonomian Amerika Serikat untuk pulih kembali, dan selama periode ini, bangsa Amerika akan hidup melewati Dust Bowl, Hoovervilles, kebangkrutan, penyitaan hipotek, dan juga depresi nasional secara psikologis.

Perang Dunia II dan tuntutan produksi serta angkatan kerjanya – yang bisa dikatakan sebagai pertumbuhan yang dipaksakan merupakan penyelamatan perekonomian.

Orang pasti akan bertanya-tanya akan berapa lama Depresi ini terus berlangsung jika Amerika tidak terlibat perang pada tahun 1941.




Jumat, November 06, 2009

Kecelakaan Nuklir Chernobyl

CHERNOBYL, UKRAINA, UNI SOVIET

26 April 1986

31 Orang Tewas (Awalnya)

335.000 Orang Dievakuasi

Rancangan reactor dilihat dari sudut keamanan memang buruk, dan sulit dioperasikan. Kedua hal ini menyebabkan pengoperasian yang membahayakan.

- Laporan Badan Energi Atom tahun 1996 “Chernobyl Ten Years On”

Suatu kecelakaan nuklir di mana pun adalah suatu kecelakaan nuklir di mana saja.

- Dari laporan NEA 2001, “Facts, Thoughts and Lesson from Chernobyl Accident.”

Tanpa Ampun

Antara tahun 1990 dan 1998, telah terdiagnosis kasus gondok sebanyak 1.791 kasus pada anak-anak Ukraina, yang hidup di wilayah di sekitar pembangkit Tenaga Nuklir Chernobyl. Para ahli telah menghubungkan semua penyakit kanker ini dengan kecelakaan nuklir Chernobyl. Diperkirakan akan didapati semakin banyak kasus.

Kecacatan pada Rancangan

Pembangkit tenaga nuklir Chernobyl menggunakan reactor nuklir yang dikenal sebagai RBMK-1000, dibangun dan dirancang oleh orang Soviet, dan kemudian hingga saat ini tidak digunakan di mana pun di dunia.

RMBK-1000 menggunakan balok-balok grafit sebagai pengganti air yang didinginkan. Hal ini dikembangkan karena dua alas an: untuk membangkitkan listrik, dan juga menyediakan plutonium dalam tingkat persenjataan bagi Uni Soviet secara terus-menerus ini adalah salah satu produk samping system grafit. Selama perang dingin, Uni Soviet berketetapan untuk memproduksi senjata penghancur missal, setara dengan program senjata nuklir Amerika Serikat. Dengan suplai plutonium secara terus-menerus dan bisa diandalkan maka Uni Soviet bisa terus-menerus memperluas persenjataan nuklir mereka, dan secara bersamaan menyediakan listrik bagi Negara mereka.

Namun demikian, masalah pada RBMK-1000, sebagaimana dinyatakan dalam laporan “Chernobyl Ten Years On,” yaitu bahwa rancangan ini sangat berbahaya, dan tidak memiliki toleransi bagi kesalahan operator, juga tidak memiliki rutinitas operasional bagi pengaman kesalahan yang terpasang. Singkatnya, pada tipe reactor mulai kehilangan air pendingin, maka reactor tersebut mulai mengurangi kecepatan pembelahan (produksi tenaga), hal ini dengan sendirinya berupaya menurunkan panas yang disebabkan oleh berkurangnya pendinginan. Dalam RBMK-1000, jika system kehilangan air pendingin, maka akan memicu pembelahan lebih cepat, dan inti menjadi semakin panas. Ini sungguh-sungguh bertentangan dengan respons ideal terhadap berkurangnya air pendingin, dan banyak negara berusaha meyakinkan bahwa Uni Soviet bisa dikatakan bermain api (nuklir). Sudah jelas bahwa bangsa Soviet bersedia mengambil risiko itu guna memperoleh plutonium.

Selain risiko yang sudah melekat dalam cara produksi tenaga dalam rancangan RBMK-1000, masalah lain pada reactor adalah tidak adanya kubah penampungan. Semua reactor Amerika Serikat memiliki kubah penyimpanan beton baja, yang akan mencegah kebocoran radioaktif ke atmosfer pada saat kecelakaan nuklir. Orang-orang Soviet juga telah diperingatkan tentang hal ini, tetapi mereka memilih untuk tidak berbuat apa pun juga.

Pada tanggal 26 april 1985, pukul 1.24 dini hari, unit 4 Pembangkit Tenaga Nuklir Chernobyl meledak. Terjadi dua kali ledakan sangat besar dalam waktu tiga detik. Yang telah meruntuhkan atap gedung. Gas radioaktif, reruntuhan bangunan, material besar dari dalam gedung reactor, telah terlempar ke udara setinggi dua per tiga mil (1 km). potongan serpihan bahan bakar reactor yang sangat panas beterbangan di udara dan jatuh dalam jarak nyaris mencapai satu mil (1,6 km) jauhnya, menyulut kebakaran radioaktif yang menerangi wilayah itu.

Dua pekerja terbunuh seketika, dan dua puluh Sembilan orang berkubang, dalam radiasi yang begitu tinggi sehingga mereka bisa dikatakan tewas mulai saat itu, meski sebagian besar di antara mereka masih hidup selama beberapa minggu di rumah sakit, dan merasakan penderitaan tahap akhir keracunan radiasi yang ekstrem ini. Ratusan ribu orang dievakuasi dari kota-kota di sekitarnya, tak terhitung banyaknya hewan yang dimusnahkan untuk menghindari tertelannya daging yang telah terkena radiasi beracun, dan banyak negara-negara Eropa menolak pengapalan padi dari wilayah mana pun yang berada dekat dengan Ukraina, meminta para penduduk untuk mencuci semua buah-buahan dan sayur-sayuran, meski mereka adalah penduduk asli negara mereka sendiri.

Kecelakaan Chernobyl terjadi karena beberapa pekerja mencoba melakukan eksperimen secara tidak resmi dan berkekuatan rendah, yang mencakup tindakan mematikan system pendingin darurat. Pada saat setiap orang menyadari bahwa inti menjadi terlalu panas, semua sudah terlambat untuk memutarbalikkan proses ini (mereka kurang hati-hati dengan membiarkan panas membengkokkan saluran di mana serpihan-serpihan bahan bakar seharusnya masuk ke sana), hal berikutnya yang mereka tahu adalah atap telah terbang, dua orang tewas, dan awan gas yang mematikan telah menyebar di seluruh daerah.

Radioaktivitas dari ledakan Chernobyl akhirnya terdeteksi hingga ke Amerika Serikat. Pemimpin Uni Soviet tidak mengatakan sepatah kata pun tentang ledakan ini hingga dua hari kemudian, tanggal 28 April, setelah para ilmuwan Swedia melaporkan terjadinya peningkatan radioaktif di atmosfer negara mereka sendiri, kemudian melacaknya kembali ke Chernobyl. Bahkan setelah memberitakan apa yang telah terjadi, pada penduduk Soviet sama sekali tidak memiliki cara untuk menanggapi bencana monumental semacam ini.

Reactor Chernobyl akhirnya dimasukkan ke dalam sebuah struktur beton, yang disebut sebagai Sarkofagus. Lebih dari enam ratus ribu pekerja, yang dikenal sebagai “liquidator” bekerja untuk membersihkan reactor dan konstruksi Sarkofagus. Lapisan semen dibangun dengan buruk, dan mulai terjadi kebocoran radiasi beberapa tahun setelah konstruksi ini selesai. Semakin banyak pekerjaan yang dilakukan untuk memastikan kekokohan, tetapi keamanannya masih diragukan.

Kecelakaan nuklir Chernobyl adalah kecelakaan nuklir terburuk sepanjang masa. Kecelakaan ini terjadi tak lama setelah kecelakaan Three Mile Island, hal ini semakin menguatkan gerakan antinuklir, dan telah menggugah banyak negara untuk membuat peraturan keamanan yang baru bagi konstruksi dan operasi pembangkit tenaga nuklir yang baru.

Sebagai dampak kesehatan jangka panjang, merebaknya radiasi dari Chernobyl diperkirakan mengakibatkan ratusan ribu kasus kanker baru, dan puluhan ribu di antaranya akan berakhir dengan kematian.

Laporan NEA merangkum dampak kecelakaan Chernobyl dalam laporan awalnya pada tahun 2001:

Sejarah dunia industry modern telah berulah kali dipengaruhi oleh bencana yang setara atau bahkan lebih parah disbanding kecelakaan Chernobyl. Namun demikian, kecelakaan ini memiliki dampak signifikan terhadap masyarakat manusia. Hal ini tidak saja menyebabkan konsekuensi kesehatan yang parah, tetapi juga menyebabkan kerusakan industri dan ekonomi jangka pendek dan juga konsekuensi jangka panjang dalam hal kekacauan sosial-ekonomi, tekanan psikologis, dan rusaknya gambaran energi nuklir. Hal ini diperkirakan berlangsung dalam waktu yang lama.

Lima belas tahun setelah kecelakaan Chernobyl, komunitas internasional masi mempelajari dan berusaha melakukan generalisasi hal ini pada kasus-kasus kecelakaan yang lebih kecil. Diharapkan, pelajaran ini tidak perlu terulang kembali dalam kejadian dengan ukuran dan skala Chernobyl.1

1Chernobyl Ten Years On.” Nuclear Energy Agency, 1996.